Jurusan Kuliah Paling Mudah Cari Kerja

Share artikel ini :

Jurusan Kuliah Teknik (Engineering) adalah salah satu jurusan yang paling diminati di seluruh dunia. Program ini mempelajari mengenai implementasi dari berbagai teknologi baru dalam sektor teknik yang bertujuan untuk memudahkan hidup semua manusia.

Bidang teknik memiliki beberapa spesialisasi yang bisa diambil berdasarkan minat, namun beberapa di antaranya hanya tersedia di negara-negara tertentu yang memang cukup kompeten di bidang tersebut.

Jurusan ini mencakup penerapan ilmu teknologi dan matematika untuk menyelesaikan permasalahan manusia. Di sini, kamu akan mengaplikasikan ilmu matematika dan sains untuk mendesain, membangun dan membuat semua hal menjadi lebih baik dan mudah.

Program teknik ini sendiri terkenal sebagai salah satu program yang menaungi beberapa jurusan dengan prospek kerja yang paling cerah khususnya dalam dunia Proyek Engineering, Procurement dan Construction atau biasa dikenal dengan Manajemen Proyek EPC .

Kuliah merupakan salah satu cara untuk memperdalam ilmu, membuka wawasn, memperoleh relasi, dan membuka jalan menuju masa depan yang lebih baik.

Nah, Kira-kira apa ya jurusan kuliah yang paling populer dalam dunia Proyek khususnya EPC?

1. Teknik Mesin

Hampir semua hal saat ini menggunakan mesin untuk efisiensi atau juga untuk memaksimalkan produksi. Untuk kamu yang suka dengan hal-hal yang berhubungan dengan mesin, kamu bisa memilih jurusan Teknik Mesin. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari prinsip-prinsip fisika yang akan diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin. Kamu juga akan memperdalam beberapa cabang ilmu teknik mesin seperti mekanika, kinematika, teknik material, dan termodinamika.

Lulusan dari prodi ini akan sangat dibutuhkan di berbagai macam industri, mulai dari manufaktur, teknologi, otomatif, pertambangan sebagai Mechanical Engineer.

2. Teknik Kimia

Jurusan ini mempelajari tentang proses dan cara mengubah bahan baku mentah dan bahan kimia menjadi sebuah produk yang bernilai secara komersial dengan memanfaatkan proses-proses kimia. Prospek kerja dari lulusannya pun sangat luas. Kamu bisa bekerja di industri kimia, perminyakan, farmasi, hingga menjadi konsultan sebagai Process Engineer.

3. Teknik Elektro

Apa itu jurusan Teknik Elektro? Teknik Elektro (Electrical Engineering) disebut juga Teknik Listrik / Elektronika. Jurusan atau program studi ini adalah bagian dari bidang teknik (engineering) yang mempelajari, mendesain dan mengaplikasikan komponen dan sistem yang memanfaatkan listrik (electricity), elektronika (electronics) dan electromagnetism.

4. Teknik Sipil

Teknik Sipil adalahn jurusan teknik yang sangat lekat dengan infrastruktur. Dalam jurusan ini kamu akan mempelajari proses merancang, membangun dan merenovasi gedung, jalan, jembatan, bendungan, serta infrastruktur lainnya. Jurusan ini punya peran penting dalam perkembangan suatu negara, terutama dalam pembangunan infrastruktur dan ekonomi.

Lulusan dari Teknik Sipil bisa bekerja sebagai Civil Engineer di berbagai perusahaan properti, konstruksi, atau pengembang. Kamu juga bisa bekerja di instansi pemerintah seperti Badan Perencanaan Nasional (BPN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan BUMN lain di bidang konstruksi.

5. Teknik Telekomunikasi

Jurusan teknik telekomunikasi akan mempelajari semua aspek tentang bagaimana kita berkomunikasi dalam jarak jauh, mulai dari sinyal, transmisi data, jaringan komputer, radio, teknologi radar, serta semua teori dibalik itu.


Share artikel ini :