PRINSIP KERJA MOBIL LISTRIK!

Mobil Listrik adalah mobil yang Di gerakan oleh satu atau lebih engine listrik, menggunakan energi listrik yang disimpan dalam baterai yang dapat diisi ulang atau perangkat penyimpanan energi lainnya. Engine listrik memberi mobil listrik torsi yang instan, serta menciptakan akselerasi yang kuat dan halus. Mobil listrik praktis pertama diproduksi pada tahun 1880-an.

Mobil listrik memiliki beberapa kelebihan yang potensial jika dibandingkan dengan mobil bermesin pembakaran biasa. Yang withering utama adalah mobil listrik tidak menghasilkan emisi kendaraan bermotor. Selain itu, mobil jenis ini juga mengurangi emisi gas rumah kaca karena tidak membutuhkan bahan bakar fosil sebagai penggerak utamanya. Pada akhirnya, ketergantungan minyak dari luar negeri play on words berkurang, karena bagi beberapa negara maju seperti Amerika Serikat dan banyak negara Eropa, kenaikan harga minyak dapat memukul ekonomi mereka. Bagi negara berkembang, harga minyak yang tinggi semakin memberatkan neraca pembayaran mereka, sehingga menghambat pertumbuhan ekonomi mereka.

Meskipun mobil listrik memiliki beberapa keuntungan potensial seperti yang telah disebutkan di atas, tapi penggunaan mobil listrik secara meluas memiliki banyak hambatan dan kekurangan. Sampai pada tahun 2011, harga mobil listrik masih jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan mobil bermesin pembakaran dalam biasa dan kendaraan listrik hibrida karena harga baterai particle litium yang mahal. Meskipun begitu, saat ini harga baterai mulai turun karena mulai diproduksi dalam jumlah besar. Faktor lainnya yang menghambat tumbuhnya penggunaan mobil listrik adalah masih sedikitnya stasiun pengisian untuk mobil listrik, ditambah lagi ketakutan pengendara akan habisnya isi baterai mobil sebelum mereka sampai di tujuan. Beberapa pemerintah di beberapa negara di dunia telah menerbitkan beberapa insentif dan aturan untuk menanggulangi masalah ini, yang tujuannya untuk meningkatkan penjualan mobil listrik, untuk membiayai pengembangan teknologi mobil listrik sehingga harga baterai dan komponen mobil bisa semakin efisien. Pemerintah Amerika Serikat telah memberikan dana hibah sebesar US$2,4 miliar untuk pengembangan mobil listrik dan baterai. Pemerintah China mengumum kan bahwa mereka akan menyediakan dana sebesar US$15 milyar untuk memulai industri mobil listrik di negaranya. Beberapa pemerintah lokal dan nasional di banyak negara telah menerbitkan kredit pajak, subsidi, dan banyak insentif lainnya untuk mengurangi harga mobil listrik dan mobil module.

Prinsip Cara Kerja Mobil Listrik

Cara kerja mobil listrik – Daya Listrik yang bersumber dari listrik PLN atau Generator lewat alat pengisisan (Charger) yang berperan untuk merubah arus bolak balik (AC) jadi arus searah (DC) sesuai sama dengan keperluan pengisian dari baterai lewat dua buah kabel yakni positif serta negatif untuk isi baterai.

Cara kerja mobil listrik – Daya Listrik yang bersumber dari listrik PLN atau Generator lewat alat pengisisan (Charger) yang berperan untuk merubah arus bolak balik (AC) jadi arus searah (DC) sesuai sama dengan keperluan pengisian dari baterai lewat dua buah kabel yakni positif serta negatif untuk isi baterai. Baterai terbagi dalam 3 unit, 12 Volt, 200 Ah dipasang dengan cara seri di mana terminal positf baterai 1 dikaitkan ke terminal negatif dari baterai 2 serta terminal positif dari baterai 2 dikaitkan ke terminal negatif baterai 3 sedang terminal negatif dari baterai 1 serta terminal positif baterai 3 diperoleh keluaran sebesar 36 V, 200 Ah

Sesudah baterai penuh, listrik yang tersimpan pada baterai bisa dipakai untuk memutar engine penggerak lewat solenoid yang mempunyai 2 terminal yang berperan menyambung serta memutus di mana terminal positif pada baterai dipasang pada satu diantara terminal pada solenoide dikaitkan ke kendali kecepatan, di mana solenoide ini dikendalikan oleh dua buah saklar sebagai pembatas yang di gunakan pada framework gas serta rem yang cuma bisa berperan sesudah kunci kontak dinyalakan.

Untuk mengatur besar kecilnya putaran engine penggerak dipakai kendali kecepatan yang mempunyai 4 buah terminal utama yang di beri sinyal masing terminal Bat +, Bat – , A2, M – , serta juga tiga buah terminal untuk input dari potensio atau induktiv. Kabel positif yang lewat solenoid dikaitkan pada terminal Bat + pada kendali kecepatan.

Kendali yang inputnya berbentuk tanda simple dari potensio serta juga induktiv trhole sensor yang dipasang pada mekanisme gas, supaya kendaraan bisa bergerak maju, mundur serta netral dipakai saklar mekanis maju mundur SM3 (saklar mekanis maju mundur) yang diberi nama masing terminal a1, a2, b, c d1, d2 terminal C dikaitkan ke terminal A2 kendali kecepatan, lewat terminal A2 pada engine penggerak. Terminal M-pada kendali kecepatan dikaitkan segera ke A1 pada engine penggerak. Untuk terminal B serta D pada SM3 mempunyai dua buah kutub di mana digunakan untuk membolak balikan input arah arus pada terminal S1 serta S2 pada engine penggerak

Sistem Penggerak

Saklar pembatas yang dilengkapi dengan pelatuk melekat di bagian batang pengungkit yang berkerja jika pedal rem ditekan batang pengungkit akan menghimpit pelatuk dari saklar pembatas hingga arus yang mengalir lewat terminal penghubung dari saklar pembatas bakal terputus saat itu juga jika sistem pengereman mekanis pada roda kendaraan listrik ini yang digerakkan.

Saklar pembatas yang dilengkapi dengan pelatuk melekat di bagian batang pengungkit yang berkerja jika pedal rem ditekan batang pengungkit akan menghimpit pelatuk dari saklar pembatas hingga arus yang mengalir lewat terminal penghubung dari saklar pembatas bakal terputus saat itu juga jika sistem pengereman mekanis pada roda kendaraan listrik ini yang digerakkan.

Sistem penekanan batang pengungkit pada pelatuk saklar pembatas bisa disetel jarak aktifnya supaya pada waktu mengemudi menenmpelkan kakinya pada pedal rem yang tiada punya maksud menghimpit hingga saklar pembatas tak lagi berperan namun jika desakan yang didapatkan melebihi batas yang didapatkan maka saklar pembatas bakal bekerja dengan terbaik, maksudnya yaitu jika framework penggerak mobil listrik ini tengah beroperasi tiba ingindara menghimpit pedal rem maka beban yang disebabkan oleh pengereman tak lagi punya pengaruh pada framework tenaga lantaran terlebih dulu framework daya sudah terputus lewat saklar pembatas yang dipasang untuk pengaman.

Cara kerja kenderaan listrik ini pada framework penggerak ini cuma bisa dioperasikan jika kunci kontak di on kan atau dinyalakan lalu pedal gas ditekan, bisa diterangkan bahwasanya jika pedal gas ditekan maka batang penarik bakal menarik pengungkit poros dari potensio lalu pengungkit itu bakal melepas desakan pelatuk saklar pembatas hingga arus listrik yang bakal menggerakkan solenoide bisa terhubung lewat terminal 1 dari saklar pembatas. Framework ini mempunyai tujuan supaya daya listrik tak terbuang sia-sia pada waktu kendaraan alami jalan penurunan atau pada jalur macet serta juga berperan untuk pengaman.

Untuk System maju mundur dengan memakai SM3 :

Prinsip essential pembalikan putaran engine penggerak type ini bisa dikerjakan dengan pembalikan arah arus yang mengalir pada lilitan stator engine, untuk arah maju bermakna arus yang mengalir dari terminal C pada SM3 lalu mekanis saklar memindahkan jalinan dengan cara mekanis menyambungkan C ke terminal B pada SM3 lalu dikaitkan ke terminal S1 pada engine penggerak hingga arus mengalir menuju terminal S2 pada engine penggerak yang segera dikaitkan ke kendali kecepatan pada terminal M-.

Untuk posisi mundur yang dipertunjukkan pada gambar dikerjakan dengan pembalikan arah arus yang dipertunjukkan bahwasanya arus yang mengalir dari terminal engine A1 dengan memakai SM3 dikaitkan dengan terminal A pada SM3 (5) lalu mekanis saklar memindahkan jalinan dengan cara mekanis menyambungkan terminal C ke terminal D pada SM3, lalu dihubungakan ke terminal S2 pada engine penggerak yang segera dikaitkan ke kendali kecepatan pada terminal M-. Tersebut penjelasan pemakaian SM3 pada framework Maju Mundur serta Netral :

Supaya kendaraan bisa bergerak maju, mundur serta posisi netral dipakai alat saklar mekanis maju mundur (SM3) pada gambar, yang mempunyai enam terminal yang di beri kode masing a, b, c, d. Terminal a dikaitkan ke terminal A kendali Kecepatan lewat terminal A1 serta A2 pada engine penggerak. Terminal c pada SM3 dikaitkan segera ke terminal M dari kendali kecepatan. Untuk terminal b and d mempunyai dua buah kutub di mana digunakan untuk membolak balikan input arah arus pada terminal S1 and S2 pada engine Penggerak.

Pemakaian mikro switch untuk pengaman serta efisiensi daya :

Pemakaian Mikri swicth pada framework mekanis gas untuk pengaman framework serta efesiensi pemakaian daya listrik. Dengan Penggunaan mikro switch yang melekat pada mekanis gas yang berperan mengamankan framework daya, lantaran framework cuma bisa terima daya listrik jika pedal gas ditekan sesudah kunci kontak di ON kan, sekalian dapat juga menghemat daya listrik pada waktu kendaraan meniti jalanan macet serta penurunan. Untuk mengantisipasi rutinitas pengemudi yang umumnya menghimpit pedal gas kadang-kadang berbarengan dengan pengereman mekanis, juga dipakai mikro switch untuk pembatas.

Seperti yang diterangkan di atas mobil listrik mempunyai framework penggerak listrik yang lebih simpel serta efektif. Dengan lakukan penentuan sebagian komponen yang dipakai dan disederhanakan, dikurangi serta dikumpulkan. Hingga framework penggerak mobil listrik terbagi dalam framework daya, framework kendali, framework maju mundur bisa berperan dengan terbaik.