5 Penyebab Utama Mobil Terbakar

Meskipun jarang terjadi, mobil tiba-tiba terbakar merupakan hal yang harus diwaspadai setiap pemiliknya.

Kebakaran pada mobil biasanya terjadi karena korsleting arus listrik. Korsleting ini akan menghasilkan percikan api, apabila percikan api tersebut jatuh ke komponen mesin yang mudah terbakar seperti pembungkus kabel, atau bahkan karburator, maka api akan langsung membara.

Selain karena konsleting listrik, panas yang berlebihan juga bisa menimbulkan kebakaran. Misal pada bagian catalytic converter. Komponen ini terhubung langsung dengan knalpot dan gas buang yang memiliki suhu cukup tinggi.

1.Kerusakan Listrik

Penyebab kebakaran mobil lainnya yang sangat umum adalah kerusakan atau kegagalan dalam sistem listrik.

Arus listrik akibat kerusakan kabel atau aki bisa menimbulkan percikan api yang akan menyulit api dengan mudah.

Sayangnya, kabel dan sistem listrik berada di seluruh bagian mobil sehingga pengecekan harus dilakukan secara menyeluruh.

2.Pastikan Kabel-Kabel Tidak Terkelupas

Masalah yang sering dihadapi oleh pemilik kendaraan adalah kabel-kabel pada bagian mesin dan bawah dashboard terkelupas. Penyebab utamanya karena mobil terpapar matahari langsung saat parkir dalam waktu yang sangat lama.

Tidak ada salahnya melakukan pemeriksaan kabel-kabel tersebut sebelum berpergian menggunakan mobil. Jika ada kabel terkelupas, sebagai tindakan awal lapisi dengan isolasi agar tidak terjadi korsleting.

Kemudian segera bawa ke bengkel resmi untuk memastikan kondisi kabel aman dan sesuai dengan jalurnya, agar tidak terjadi gesekan saat mobil sedang jalan.

3.Cek Terminal Aki

Terakhir yang harus diperhatikan oleh pemilik kendaraan untuk mengurangi risiko mobil terbakar adalah terminal aki. Pastikan kepala positif dan negatif terpasang dengan benar.

Selain itu kepala aki wajib dalam kondisi kencang agar tidak panas saat menggunakan kelistrikan atau saat terjadi pengisian pada waktu mesin sedang hidup.

Kencangkan baut pengikat terminal aki jika longgar dan bersihkan kepala aki kalau berjamur atau kotor.

Kabel tambahan yang menempel di terminal aki selalu di jaga kekencangannya baik di terminal positif maupun terminal negatifnya.

Langkah-langkah di atas mencegah terjadinya kebakaran pada kendaraan kesayangan Anda. Kepedulian kita pada kondisi mobil sangat membantu keselamatan dan kenyamanan saat berkendara

4.Kebocoran Bahan Bakar

Pernahkah Anda menonton film dan mobil terbakar bahkan meledak akibat kebocoran bahan bakarnya?

Sayangnya ini adalah kenyataan dan bukan hanya cerita semata. Seperti telah disebutkan sebelumnya, kebocoran cairan tertentu bisa menyebabkan kebakaran pada kendaraan.

Hal ini juga berlaku untuk bahan bakar yang jelas merupakan cairan mudah terbakar.

5.Panasnya Mesin Mobil

Hal paling umum yang menimbulkan kondisi mobil terbakar adalah overheat mesin atau mesin yang terlalu panas.

Mengapa demikian?

Mesin yang terlalu panas mengakibatkan cairan internal seperti oli dan pendingin naik ke suhu berbahaya dan mulai tumpah dari daerah sirkulasinya.

Saat itu terjadi, cairan bisa menetes ke bagian panas lainnya yang berpotensi menyulut api dan menyebar.

Sebaiknya lakukan pengecekan kendaraan secara berkala dan hubungi montir terdekat apabila mesin terlalu panas.

Montir akan memeriksa kebocoran pada komponen mesin dan mengecek kerja radiator.

Apabila terjadi kerusakan, sebaiknya langsung perbaiki agar mesin tidak panas terus menerus.

Baca juga :